22.4.09

KULIAH 2 KOMUNIKASI - MODEL-MODEL KOMUNIKASI

Model dapat dikatakan sebagai gambaran yang sistematis dan abstrak, yang erfungsi untuk menerangkan potensi-potensi tertentu yang berkaitan dengan beragam aspek dari suatu proses.

Menurut Littlejohn, teori adalah penjelasan sedangkan model adalah representasi dari suatu peristiwa komunikasi. Model komunikasi dapat digunakan untuk melihat unsur-unsur yang terlibat dalam proses komunikasi tanpa menjelaskan hubungan / interaksi unsur-unsur dari model tsb. Penjelasan mengenai hubungan unsur-unsur tsb dikemukakan dalam rumusan teori.

1. MODEL KOMUNIKASI INTRAPRIBADI BARNLUND
Komunikasi intrapribadi merupakan proses pengolahan dan penyusunan informasi melalui system syaraf yang ada di dalam otak kita, yang disebabkan oleh stimulus yang ditangkap oleh pancaindra. Proses berpikir adalah bagian dari proses komunikasi yang terjadi di dalam diri individu. Prilaku nonverbal sender berpengaruh positif, negative, atau netral bagi receiver.

2. MODEL KOMUNIKASI ANTARPRIBADI BARNLUND
Model komunikasi ini merupakan kelanjutan dari model komunikasi intrapribadi. Unsur tambahan di dalam proses komunikasi adalah pesan dan isyarat prilaku verbal. Pola dan bentuk komunikasi yang berlangsung antara 2 orang atai lebih sangat dipengaruhi oleh hasil komunikasi intrapribadi masing-masing individu.

3. MODEL STIMULUS RESPONS (S-R)
Model Stimulus Response adalah model komunikasi yang paling mendasar dan sederhana. Prilaku individu timbul karena kekuatan stimulus yang datang dari luar dirinya, bukan atas dasar motif dan sikap yang dimiliki.

4. MODEL LASSWELL
Model komunikasi Lasswell menjelaskan 5 unsur yang terlibat dalam peristiwa komunikasi, yaitu:
- sender
- message
- channel/media
- receiver
- effect

No comments:

Post a Comment